Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti Berbuat Rasial, Perempuan Sydney Minta Maaf

Kompas.com - 07/08/2013, 04:50 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang perempuan asal Sydney meminta maaf atas makian rasial yang dilontarkannya di dalam sebuah bus terhadap sejumlah pelajar dari Asia.

Insiden yang terjadi pada Mei tersebut direkam seorang penumpang lainnya dan mendapatkan pemberitaan besar di Australia.

Pada Selasa (6/8/2013), Susan Bernobich (46) tidak dijatuhi hukuman oleh pengadilan lokal di Burwood, setelah menyatakan diri bersalah atas makian rasial tersebut.

Bernobich mengaku bersalah atas tuduhan menggunakan kata-kata kasar di tempat publik atau sekolah.

Magistrate tidak mencatat ini sebagai pelanggaran hukum, tetapi Susan mendapat hukuman percobaan untuk bertingkah laku sopan selama enam bulan.

Dalam reaksinya, penumpang yang merekam kejadian tersebut meragukan apakah Bernobich menyesali tindakannya.

"Saya kira dia tidak menyesal. Dia mengaku bersalah hanya supaya terhindar dari hukuma,." kata sang penumpang seperti dilaporkan news.com.au.

Menurut dokumen yang disampaikan polisi ke pengadilan, Bernobich disebut menyesali perbuatan dan merasa tertekan karena begitu banyaknya perhatian dari publik atas kasusnya.

Menurut laporan koresponden Kompas.com di Australia L Sastra Wijaya, Bernobich dilaporkan melakukan hal tersebut karena terpengaruh alkohol, dan memiliki masalah keluarga.

Bernobich juga dilaporkan tidak memiliki pekerjaan dan menderita depresi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com