Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad dan Rohani Sama-sama Kecam Israel

Kompas.com - 02/08/2013, 17:32 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad yang segera mengakhiri masa jabatannya masih sempat mengeluarkan pernyataan keras untuk musuh bebuyutannya, Israel.

Dalam pidato resmi terakhirnya, Jumat (2/8/2013), Ahmadinejad mengatakan, sebuah badai regional tak lama lagi akan "menggulingkan" Israel.

"Saya katakan kepada kalian dan Tuhan yang menjadi saksinya, sebuah badai kehancuran akan segera menggulingkan pusat zionisme," kata Ahmadinejad dalam pidato memperingati Hari Quds (Jerusalem) di Teheran, yang disiarkan televisi pemerintah.

Sementara itu, Presiden terpilih Iran yang akan segera dilantik Hassan Rohani juga tak mau kalah dalam memberikan pernyataan keras untuk Israel.

Dalam pernyataannya di tempat yang sama, Rohani mengibaratkan Israel adalah sebuah "luka" yang harus disingkirkan.

"Rezim Zionis Israel sudah bertahun-tahun menjadi luka di tubuh dunia Muslim dan luka itu harus dibersihkan," kata Rohani.

Dalam peringatan Hari Quds, Iran mengisinya dengan pidato, orasi, hingga khotbah yang semuanya berisi dukungan untuk Palestina dan hujatan untuk Israel.

Televisi Pemerintah Iran menayangkan ribuan orang berbaris di seluruh pelosok negeri menghujat Israel dan Amerika Serikat.

Hari Quds diperingati di Iran sejak 1979 pada Jumat terakhir bulan Ramadhan. Inti peringatan ini adalah menyatakan solidaritas untuk Palestina dan mengecam Israel yang menduduki Jerusalem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com