Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Assad Kunjungi Tentaranya di Pinggiran Damaskus

Kompas.com - 01/08/2013, 22:58 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Presiden Suriah Bashar al-Assad, Kamis (1/8/2013), melakukan kunjungan ke kawasan Daraya di pinggiran ibu kota Damaskus dalam rangka perayaan hari Angkatan Bersenjata.

Kunjungan ke Daraya ini merupakan perjalanan pertama Assad ke luar kota Damaskus sejak dia mengunjungi distrik Baba Amr, kota Homs yang hancur lebur setelah militer Suriah merebutnya dari tangan pemberontak pada Maret 2012.

Kunjungan ini menjadi gambaran kepercayaan diri Assad akan memenangkan perang setelah pasukannya mendapatkan sejumlah kemenangan penting selama beberapa bulan terakhir.

Televisi Pemerintah Suriah yang mengikuti perjalanan Assad tak merinci soal kunjungan tersebut. Namun, akun Facebook kantor kepresidenan Suriah merilis foto Assad yang mengenakan setelan jas berwarna biru gelap berbincang dengan dua orang prajurit di depan sebuah bangunan yang hancur di Daraya.

Daraya yang terletak di sebelah selatan Damaskus pernah dikuasai pemberontak selama beberapa bulan dan membutuhkan beberapa pekan pertempuran berat sebelum militer Suriah berhasil merebut kembali kota itu.

Sebelum memulai kunjungannya ke Daraya, Assad memuji kinerja pasukannya dalam menghadapi pasukan pemberontak.

"Kalian sudah mencengangkan dunia dengan kegigihan dan kemampuan untuk mengatasi kesulitan sekaligus mencetak sederet sukses di dalam salah satu perang paling brutal dalam sejarah modern dunia," ujar Assad.

Pada Agustus 2012, sejumlah aktivis HAM melaporkan pasukan Assad melakukan pembunuhan massal selama berhari-hari setelah berhasil merebut Daraya dari tangan pemberontak.

Saat itu, diduga korban warga yang tewas di Daraya berkisar antara 300 hingga 600 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com