Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Pakistan Sepakat Perbaiki Hubungan

Kompas.com - 01/08/2013, 19:14 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan Pakistan sepakat untuk memperbaiki kerjasama yang ternoda akibat serangan drone AS dan serangan udara NATO pada 2011 yang menewaskan 24 prajurit Pakistan.

Kesepakatan ini diperoleh setelah Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengadakan pertemuan dengan PM Pakistan Nawaz Sharif di Islamabad, Kamis (1/8/2013).

Dalam jumpa pers usai pertemuan dengan PM Nawaz Sharif, Menlu John Kerry mengatakan kedua negara sepakat menghapus masalah masa lalu.

Kerry juga mengundang Sharif untuk mengunjungi AS untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Barack Obama.

"Hal terpenting hari ini adalah tekad AS dan Pakistan untuk menjalin kerja sama penuh dan mencari jalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang mengganjal hubungan kedua negara di masa lalu," kata Kerry.

"Dan saya yakin Perdana Menteri sangat serius dalam hal ini. Dan saya yakin Presiden Obama juga memiliki sikap yang sama," lanjut Kerry.

Kedua negara juga bertekad untuk memulai lembaran hubungan baru dan melupakan masalah-masalah di masa lampau.

Meski demikian, Pakistan tetap mendesak AS menghentikan serangan drone di kawasan barat laut Pakistan yang dikuasai kelompok militan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com