Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Beli Kapal Perusak Buatan Korsel

Kompas.com - 30/07/2013, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Thailand memutuskan membeli sebuah kapal perusak buatan Korea Selatan (Korsel). Kapal itu, tulis laman Bangkok Postpada Selasa (30/7/2013), berbanderol 486 juta dollar AS. "Kapal akan dikirim lima tahun ke depan,"kata Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra di Bangkok.


Kapal perang itu akan melengkapi jajaran kapal-kapal untuk Angkatan Laut Thailand. Pembiayaan pembelian akan dimasukkan dalam tahun fiskal hingga 2018.

Kapal perusak itu berbobot 3.700 ton. Kapal akan dibangun oleh Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co. Kapal tersebut merupakan modernisasi kelas perusak Kwanggaeto.

Selanjutnya, kapal perusak teranyar tersebut akan dilengkapi teknologi siluman demi menghindari radar dan pemindai sonar. Kapal dilengkapi juga dengan senjata untuk perang di perairan. Kapal tersebut juga komplet dengan piranti antikapal selam.

Kapal tersebut akan dibangun paling cepat pada akhir tahun ini. Menurut rencana, kapal perusak terbaru ini akan menggantikan kapal HTMS Putthayodfa Chulaloak yang bakal pensiun pada 2015 mendatang.

Satu kapal perang lain milik AL Thailand yakni HTMS Putthalertla Napalai rencananya akan pensiun pada 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com