Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Uni Eropa Bertemu Muhammad Mursi

Kompas.com - 30/07/2013, 14:01 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton, Senin (29/7/2013) malam, dikabarkan melakukan pembicaraan dengan presiden Mesir terguling, Muhammad Mursi, selama dua jam di Kairo.

Juru bicara Ashton, Maja Kocijanjic, melalui akun Twitternya membenarkan Ashton dan Mursi melakukan pertemuan. Namun, dia tidak menjelaskan lokasinya.

Mursi, sejak digulingkan 3 Juli lalu, ditahan militer di lokasi yang dirahasiakan. Kini Mursi tengah diperiksa terkait berbagai dugaan kejahatan termasuk pembunuhan.

Dalam kunjungan keduanya selama 12 hari ke Kairo, Ashton adalah salah seorang dari sedikit orang luar yang berbicara dengan kedua kelompok yang berseteru di Mesir.

Ashton dijadwalkan menggelar jumpa pers pada Selasa (30/7/2013) malam di Kairo.

Sebelumnya, pada Senin (29/7/2013), Ashton bertemu dengan panglima militer Mesir Jenderal Abdul Fattah al-Sisi.

Selain dengan otak penggulingan Mursi itu, Ashton juga berbicara dengan anggota kabinet Mesir dan perwakilan Partai Kebebasan dan Keadilan, yang adalah sayap politik Ikhwanul Muslimin.

"Saya akan menekankan proses transisi yang inklusif, merangkul semua kelompok politik, termasuk Ikhwanul Muslimin," ujar Ashton sebelum tiba di Kairo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com