Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brunei Alami Kenaikan Jumlah Populasi

Kompas.com - 29/07/2013, 18:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Departemen Perencanaan Ekonomi dan Pembangunan Brunei Darussalam mengungkapkan kalau terjadi kenaikan populasi di negara itu hingga 1,7 persen pada periode 2001sampai dengan 2011. Data teranyar itu diwartakan oleh AP pada Senin (29/7/2013).

Sensus pada 2011 menunjukkan kalau populasi di Brunei adalah 393.372 orang. Angka ini menunjukkan angka kenaikan 60.528 orang ketimbang periode 2001. Populasi di Brunei adalah jumlah warga Brunei dengan orang asing di negara tersebut.

Catatan departemen itu juga menunjukkan kalau Distrik Brunei Muara adalah wilayah dengan populasi terbanyak. Menyusul di belakangnya adalah Distrik Belait, Tutong, dan Temburong. Keturunan Melayu adalah yang terbesar di Brunei meliputi tujuh etnis, yakni Brunei, Tutong, Belait, Kedayan, Dusun, Bisaya, dan Murut. Total jumlah keturunan Melayu adalah 65 persen dari populasi.

Etnis kedua terbesar di Brunei adalah China. Jumlah mereka mencapai 10 persen dari populasi. Sisanya adalah berbagai etnis lain di luar kedua etnis tadi.

Sensus juga menunjukkan kalau 78 persen dari populasi Brunei beragama Islam. Sementara itu, sekitar 21 persen adalah pemeluk berbagai agama lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com