Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Mesir Peringatkan Pendukung Mursi

Kompas.com - 29/07/2013, 08:03 WIB
KAIRO, KOMPAS.COM — Menteri Dalam Negeri Mesir, Mohamed Ibrahim, mengeluarkan peringatan bahwa aparat akan menindak tegas pihak atau kelompok yang dinilai megganggu keamanan.

"Kita tidak akan membiarkan tentara bayaran atau orang-orang yang kecewa untuk mengganggu suasana persatuan," kata Ibrahim dalam satu acara di Kairo, hari Minggu (28/7/2013). "Kita akan menghadapi mereka dengan kekuatan. Mereka akan ditindak dengan tegas," tambah Ibrahim.

Peringatan ini dikeluarkan ketika para pendukung Presiden Muhammad Mursi yang digulingkan militer pada 3 Juli lalu melanjutkan aksi di kompleks Masjid Rabaa al-Adaweya, di Kairo timur. Mereka mendesak Mursi kembali ditetapkan sebagai presiden.

Perkuat barikade

Menteri Ibrahim sebelumnya bertekad untuk mengakhiri demonstrasi pendukung Mursi, sementara para pengunjuk rasa sendiri menambah barikade untuk mengantisipasi tindakan keras oleh aparat keamanan Mesir.

Wartawan BBC di Masjid Rabaa al-Adaweya mengatakan, situasi hari Minggu relatif tenang, setelah terjadi kekerasan hari Sabtu yang menewaskan lebih dari 70 orang. Meski demikian, dilaporkan telah terjadi bentrok di beberapa kawasan lain di Kairo.

Sementara itu, Amerika Serikat mengeluarkan keprihatinan yang mendalam atas insiden hari Sabtu. Menteri Luar Negeri, John Kerry, mengutuk kekerasan ini dan meminta pemegang otoritas di Mesir menghormati hak menggelar aksi damai dan kebebasan menyampaikan pendapat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com