Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Membaik, Mandela Masih Kritis

Kompas.com - 28/07/2013, 16:10 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Kantor kepresidenan Afrika Selatan mengatakan, Minggu (28/7/2013), Nelson Mandela masih dalam kondisi kritis, meskipun sudah membaik.

Sebelumnya, media Amerika Serikat CBS melaporkan bahwa Mandela menjalani "operasi untuk membuka selang dialisis" pada Jumat (26/7/2013) di rumah sakit Pretoria.

Namun saat mengumumkan kondisi Mandela, juru bicara kepresidenan Mac Maharaj menolak berkomentar tentang laporan tersebut. "Dia masih kritis, stabil, tetapi sudah sedikit membaik," kata Maharaj, seperti dikutip AFP.

Laporan-laporan sebelumnya menyebut penerima Hadiah Nobel Perdamaian itu bernapas dengan bantuan ventilator dan sempat menjalani dialisis beberapa pekan setelah dia dirawat di rumah sakit akibat infeksi paru-paru.

CBS melaporkan Mandela mengalami kondisi mengkhawatirkan dua kali sepanjang pekan lalu. "Satu kali Nelson Mandela tidak merespons pengobatan yang diberikan padanya dan di waktu yang lain alat penunjang kehidupannya menunjukkan dia mengalami kesulitan," demikian laporan CBS.

Ditanya tentang hal itu, Maharaj mengatakan dia tidak mengetahui soal kondisi mengkhawatirkan yang dimaksud.

Sampai saat ini tidak ada ada informasi tentang kapan Mandela dipulangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com