Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Militan Irak Bunuh 14 Sopir Truk Syiah

Kompas.com - 25/07/2013, 22:29 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Puluhan anggota militan Sunni membangun penghalang jalan di kota Sulaiman Bek di sebelah utara Baghdad, Kamis (25/7/2013).

Selanjutnya mereka menghentikan sejumlah pengemudi truk dan memeriksa tanda pengenal mereka. Tak lama kemudian mereka mengeksekusi 14 pengemudi truk yang adalah pemeluk Syiah.

Insiden ini berawal dari serangan 150 anggota militan ke kota Sulaiman Bek pada Rabu (24/7/2013) malam dengan menggunakan mortir, roket peluncur granat, dan senapan serbu.

Serangan itu membuat pasukan keamanan mundur dari pos mereka di dekat jalan raya yang menghubungkan Baghdad dengan daerah-daerah di utara.

Setelah berhasil memukul mundur pasukan keamanan, militan kemudian mendirikan penghalang jalan dan memeriksa tanda pengenal orang yang melintas.

"Para kriminal itu adalah anggota kelompok Negara Islam Irak, dan mereka memang mengincar dan membunuh para sopir Syiah dan melepaskan orang Sunni," kata pejabat setempat, Shalal Abdul Baban.

"Mereka dibunuh setelah tanda pengenal mereka diperiksa," lanjut Abdul Baban.

Kartu tanda penduduk Irak, selain mencantumkan nama dan tempat lahir, juga mencantumkan agama yang bersangkutan.

Kota Suleiman Bek pernah dikepung militan pada April lalu, tetapi mereka kemudian mundur setelah menyepakati perjanjian dengan para pemimpin suku dan pemerintah.

Pembunuhan di jalan raya ini hanya berselang beberapa hari setelah kelompok militan melakukan serangan ke dua penjara Irak, yaitu Taji dan Abu Ghraib.

Serangan itu mengakibatkan sekitar 40 orang tewas dan 500 tahanan berhasil kabur dari kedua penjara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com