Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rezim Suriah Blokade Akses Palang Merah ke Kota Homs

Kompas.com - 25/07/2013, 17:08 WIB
GENEVA, KOMPAS.com — Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan, Pemerintah Suriah memblokade akses bantuan menuju kota Homs yang rakyatnya sangat membutuhkan bantuan makanan dan obat-obatan.

ICRC mengungkapkan, akhir pekan lalu telah menegosiasikan jeda kemanusiaan agar petugas palang merah bisa memasuki kota Homs yang diserang habis-habisan pasukan rezim Bashar al-Assad.

"Kami sudah mencoba hampir 20 hari untuk membawa pasokan obat dan bantuan lain menuju Homs," kata Ketua Delegasi ICRC di Suriah, Magne Barth, dalam pernyataannya yang dirilis Rabu (24/7/2013) malam.

Homs, yang terletak di wilayah tengah Suriah, merupakan episentrum pemberontakan bersenjata yang muncul dari protes jalanan menentang keluarga Assad yang berkuasa di Suriah selama hampir empat dekade.

ICRC mengatakan, setidaknya 2.000 orang terjebak di dalam kota Homs. Jika ditotal, jumlah warga yang terjebak di sekitar kota tersebut mencapai puluhan ribu orang.

Di bawah hukum internasional, kelompok yang tengah bertempur berkewajiban memberikan satu jalan aman untuk pasokan bantuan kemanusiaan untuk warga sipil.

"Mereka harus mengizinkan warga sipil di kawasan yang terkepung pertempuran meninggalkan kawasan tersebut dengan aman. Sayangnya, kewajiban ini tak pernah dipenuhi," ujar ICRC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com