Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria California Berlari 1,6 Km Setiap Hari Selama 45 Tahun

Kompas.com - 25/07/2013, 09:42 WIB
LANCASTER, KOMPAS.com — Mark Covert (62), pria asal California, Selasa lalu mengakhiri rutinitas yang membutuhkan konsistensi dan kebugaran luar biasa: berlari sedikitnya 1 mil (1,6 kilometer) setiap hari selama 45 tahun tanpa henti. Secara total, Covert berlari setiap pagi selama 16.437 hari tanpa terputus.

Hari istimewa itu dihabiskannya dengan berlari di lintasan Stadion Marauders, Lancaster, menempuh 1 mil-nya yang terakhir. "Tak ada seorang pun yang berpikir akan berlari setiap hari selama satu tahun, apalagi 40 atau 45 tahun. Saya tak menyangka akan jadi seperti ini dan berterima kasih kepada semua yang telah mendukung. Ternyata hal ini menjadi penting bagi banyak orang," ujarnya kepada Los Angeles Daily News.

Covert mengatakan, dia memutuskan berhenti berlari pada Rabu (24/7/2013) karena cedera kaki yang menyulitkannya berlari. "Saya cuma ingin memakai sepatu olahraga setiap pagi dan berlari. Melakukannya selama 45 tahun adalah luar biasa. Namun, saya belum mau pensiun. Setelah ini mungkin saya akan bersepeda setiap hari," ujar Covert.

Jon Sutherland (62), teman lama Covert, mengaku merasa gembira campur sedih dengan keputusan rekannya itu. Sutherland juga melakukan hal yang sama dan rekornya tertinggal 307 hari dari Covert. "Kami teman sedari kecil. Saya gembira dia membuat keputusan ini dan berdamai dengan itu," ujar Sutherland yang bertekad untuk memecahkan rekor sahabatnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com