Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Tabrak Bus di Thailand, 19 Orang Tewas

Kompas.com - 23/07/2013, 10:09 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Sebanyak 19 orang tewas dan 20 orang lainnya cedera, Selasa (23/7/2013), ketika sebuah bus bertabrakan dengan truk di Thailand tengah dan meledak dalam kobaran api. Demikian kata pihak berwenang.

"Seluruhnya 19 orang tewas, sebanyak 18 orang tewas di tempat kejadian dan satu orang lagi meninggal di rumah sakit," kata seorang pejabat lembaga nasional untuk pengobatan darurat di Bangkok, yang meminta tidak disebutkan namanya. Dia menambahkan, ada 20 orang yang terluka dalam kecelakaan pada Selasa dini hari di Provinsi Saraburi di Thailand tengah itu.

Bus antar-provinsi, yang sedang melakukan perjalanan dari Bangkok ke Roi Et di timur laut negara itu, terbakar setelah kecelakaan. Foto-foto dari televisi berita Thailand menunjukkan tingkat kerusakan kendaraan itu, yang tampaknya telah benar-benar terbakar dan hanya menyisakan logam.

Pihak berwenang mengatakan, kecelakaan itu merupakan tabrakan yang melibatkan tiga kendaraan. Polisi telah menangkap sopir truk semen, yang menurut mereka sepertinya kehilangan kendali atas kendaraannya sebelum insiden tersebut. "Truk itu menyeberang dari jalur berlawanan dan menabrak bus," kata perwira polisi lokal Letkol Assavathep Janthanari. Ia menambahkan, sebuah truk pikap di belakang bus itu juga terlibat dalam kecelakaan tersebut. Dia mengatakan para korban tewas dan terluka berasal dari bus dan truk pikap itu.

Belum diketahui berapa banyak orang yang melakukan perjalanan di bus tersebut. Witthichart Kallayanamitr, direktur perusahaan bus yang berada di bawah kementerian transportasi itu, mengatakan kapasitas normal bus itu sebanyak 32 orang.

Standar keselamatan sering kali buruk di Thailand dan kecelakaan transportasi relatif umum terjadi. Awal bulan ini kereta api yang melakukan perjalan malam hari dari Bangkok ke kota Chiang Mai di utara negara itu tergelincir dan melukai 23 orang, termasuk 18 wisatawan asing. Bulan April, sedikitnya lima orang tewas, termasuk seorang bayi berusia tujuh bulan dan seorang perempuan Belgia, dan 53 orang luka-luka ketika sebuah bus wisata Thailand terjun dari sebuah bukit di Provinsi Phitsanulok karena remnya blong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com