Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri di Dalam Masjid di Irak, 20 Tewas

Kompas.com - 19/07/2013, 20:55 WIB
BAQUBA, KOMPAS.com — Sebuah aksi bunuh diri terjadi di dalam sebuah masjid Sunni yang tengah dipadati umat di sebuah kota di sebelah utara Baghdad, Irak, Jumat (19/7/2013), menewaskan sedikitnya 20 orang.

Pelaku meledakkan diri sesaat setelah masuk ke dalam masjid Abu Bakr al-Sadiq saat imam masjid tengah memberikan kotbah shalat Jumat di kota Al-Wajihiyah. Demikian pernyataan seorang perwira polisi setempat.

"Saya sedang duduk dekat pintu masjid saat ledakan dahsyat terjadi menerbangkan pasir dan berbagai benda lainnya," kata Sinan Ghalib, seorang warga yang kini dirawat di rumah sakit Baquba karena luka parah di kakinya.

Omar Mundhir, warga lain yang juga terluka di kakinya menceritakan saat-saat terjadinya ledakan.

"Saya sedang duduk di dekat imam dan masjid sedang dipenuhi umat saat ledakan terjadi yang menyebabkan suasana tiba-tiba menjadi gelap," kata Omar.

"Ketika saya sadar, saya sudah berada di rumah sakit bersama korban luka lainnya yang berteriak-teriak dan menangis," tambah Omar.

Kelompok militan dalam beberapa bulan terakhir kerap melakukan serangan bom di masjid-masjid baik masjid Sunni maupun Syiah.

Kondisi ini membuat kekhawatiran Irak akan kembali terseret ke dalam aksi kekerasan sektarian yang menewaskan ribuan orang.

Insiden bom bunuh diri ini membuat jumlah korban tewas akibat aksi kekerasan di seluruh Irak bulan ini menjadi 457 orang. Jumlah korban tewas bulan Juli ini sudah melampaui jumlah korban pada Juni. Sementara sejak awal 2013, tercatat sebanyak 2.700 warga Irak tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com