Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA Ternyata Pernah Tiru Alat-alat James Bond

Kompas.com - 18/07/2013, 19:44 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Bagi Anda yang pernah menyaksikan film-film petualangan agen rahasia Inggris James Bond, tentunya kerap melihat peralatan canggih yang digunakan untuk membantu aksi sang agen.

Sebagian besar dari kita mungkin akan menganggap peralatan canggih yang digunakan James Bond hanyalah rekaan belaka dan tidak akan pernah ada di dunia nyata.

Namun, ternyata Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) justru pernah mencoba menciptakan peralatan milik James Bond untuk digunakan agen-agen mereka dekade 1950-an dan 1960-an.

Fakta ini terungkap dari sebuah surat rahasia antara Direktur CIA Allen Dulles dan pencipta James Bond, Ian Fleming.

Beberapa alat yang pernah diciptakan CIA adalah peralatan yang digunakan James Bond di film Goldfinger dan alat yang digunakan musuh agen 007 dalam film From Russia With Love.

Alat yang digunakan Bond dalam Goldfinger adalah sebuah alat pencari jejak magnetis berukuran sebesar korek api. Dalam film itu, aktor Sean Connery yang memerankan 007 menyelipkan alat ini di bagian belakang mobil Rolls Royce milik sang penjahat, Goldfinger, untuk mencari jejaknya.

Alat kedua adalah pisau beracun yang muncul dari dalam sepatu Rosa Klebb, musuh James Bond dalam From Russia With Love.

Dalam surat-menyurat itu disebutkan CIA sukses menciptakan pisau Rosa Klebb, tetapi gagal saat mengembangkan alat pencari jejak ala Goldfinger.

Surat-surat antara CIA dan Ian Fleming ini dianalisis Dr Christopher Moran dari Universitas Warwick untuk keperluan publikasi khusus Jurnal Studi Perang Dingin.

Dari rangkaian surat-menyurat antara Allen Dulles dan Ian Fleming, seakan menampilkan persahabatan yang hangat antara James Bond dan kawan CIA-nya, Felix.

Hubungan akrab antara Bond dan Felix kerap ditampilkan dalam film-film petualangan 007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com