Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Hubungan Rusia dan AS Jauh Lebih Penting

Kompas.com - 17/07/2013, 19:36 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hubungan negaranya dengan Amerika Serikat lebih penting daripada bertikai soal kegiatan agen-agen rahasia.

Pernyataan Presiden Putin ini mengacu pada ketegangan antara Moskwa dan Washington terkait analis intelijen Amerika, Edward Snowden, yang tengah mencari suaka sementara di Rusia.

"Kami sudah memperingatkan Snowden bahwa tindakan yang ia ambil, yang akan mengganggu hubungan Rusia dan Amerika, tidak bisa kami terima," kata Putin saat mengunjungi kota Chita, di Siberia, Rabu (17/7/2013).

"Hubungan bilateral, dalam pandangan saya, jauh lebih penting dari kegiatan agen rahasia," tambah Putin.

Amerika ingin Rusia mengusir Snowden sehingga mantan analis untuk Badan Keamanan Nasional (NSA) ini bisa diadili di Amerika karena membocorkan rahasia negara.

Putin tidak menjelaskan apakah pemerintahnya akan mengabulkan permintaan suaka Snowden, yang saat ini berada di kawasan transit bandar udara Moskwa, setelah meninggalkan Hongkong bulan lalu.

Namun, seorang pengacara di Rusia mengatakan bahwa Snowden bisa meninggalkan bandara Moskwa dalam beberapa pekan ke depan.

Anatoly Kucherena, seperti dikutip kantor berita Reuters, mengatakan pihaknya yakin Snowden akan diizinkan meninggalkan area transit bandara, yang oleh Pemerintah Rusia dinyatakan sebagai kawasan netral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com