Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milisi Pro-Assad Bunuh Enam Orang Juru Runding

Kompas.com - 16/07/2013, 18:02 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Milisi bersenjata yang loyal kepada Presiden Bashar al-Assad menembak mati setidaknya enam orang juru runding yang berusaha melakukan rekonsiliasi antara kelompok-kelompok yang bertikai di provinsi Homs. Demikian kesaksian sejumlah penduduk, Selasa (16/7/2013).

Keenam orang itu adalah anggota Komite Rekonsiliasi Nasional, yang dibentuk Pemerintah Suriah demi memfasilitasi perundingan untuk mengakhiri konflik bersenjata yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun itu.

Keenam negosiator itu tengah mencoba merancang perundingan antara kota berpenduduk mayoritas Sunni, Al-Zara, dan kota Qameira yang dihuni mayoritas pemeluk Alawi.

Kedua kota itu dalam beberapa hari di pekan lalu terlibat baku tembak yang memakan korban jiwa.

"Milisi Alawi menjebak keenam orang itu, yang kebetulan adalah Sunni, saat tiba di kota untuk mencoba memulai perundingan," kata seorang penduduk kepada Reuters.

"Mereka menduga keenam orang itu bekerja untuk pemberontak, karena Qameira diserang mendadak pekan lalu dan banyak prajurit Assad yang tewas," tambah penduduk itu.

Pembunuhan yang terjadi di desa Hajar al-Abyad, Senin (15/7/2013) malam itu, semakin memperjelas tantangan yang harus dihadapi untuk melakukan mediasi antara kota-kota yang dikuasai pemberontak dan kota yang dikuasai pasukan milisi pro-Assad, Shabiha.

Provinsi Homs merupakan kawasan yang didiami para pendukung Assad dan para penentang sang presiden.

Kelompok minoritas Kristen dan Alawi, cabang Syiah yang dipeluk Assad, selama ini khawatir akan kebangkitan kelompok garis keras Sunni di antara para pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com