Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Marty Natalegawa Dapat Doktor HC dari Australia

Kompas.com - 16/07/2013, 15:33 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Universitas Macquarie di Sydney, Selasa (16/7/2013), memberikan gelar doktor honoris causa kepada dua menteri luar negeri, yaitu Menlu Indonesia Marty Natalegawa dan Menlu Australia Bob Carr.

Masing-masing menteri mendapatkan penghormatan tersebut karena pengalaman mereka di dunia politik internasional.

Bob Carr pernah menjadi Menteri Negara bagian New South Wales sebelum menjadi Menlu Australia menggantikan Kevin Rudd di tahun 2012.

Marty Natalegawa pernah menjadi wakil Indonesia di Asean, duta besar di Inggris, dan Presiden Dewan Keamanan PBB.

Menurut rilis dari universitas tersebut, baik Carr maupun Marty masing-masing memberikan sambutan atas penerimaan tersebut, seperti dilaporkan koresponden Kompas.com di Australia L. Sastra Wijaya.

"Meskipun gelar kehormatan ini diberikan secara pribadi untuk saya, saya merasa bahwa saya menerimanya atas nama Indonesia." kata Menlu Marty.

"Sebagai bukti usaha Indonesia untuk mempromosikan perdamaian internasional dan kemakmuran bersama," lanjut Marty.

"Ini merupakan simbol hubungan khusus dan persahabatan yang mengikat Indonesia dan Australia. Persahabatan yang ditunjukkan dalam dukungan Australia bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan juga diperkuat di saat kedua negara saing membantu dalam mengatasi bencana alam, tindakan teror, dan tantangan lainnya." Marty menegaskan.

Baik Marty maupun Carr sempat mengadakan pembicaraan selama di Australia, termasuk masalah di Semenanjung Korea dan persengketaan teritorial di Laut China Selatan.

Dalam pidatonya, Menlu Carr juga memuji apa yang sudah dilakukan Marty Natalegawa di dunia internasional.

"Di seluruh dunia, di istana presiden maupun di tempat lain, ketika orang menyebut Marty, mereka tahu siapa yang dimaksud. Menlu Amerika Serikat di Washington bisa mengatakan, 'Ini tergantung bagaimana pemikiran Marty'. Atau seseorang di ibukota Asean akan mengatakan 'Ya, kita mengharapkan kehadiran Marty dan dia akan bisa memberikan penjelasan'," kata Carr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com