Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi, Angka Bunuh Diri Tentara Inggris

Kompas.com - 15/07/2013, 07:43 WIB
LONDON, KOMPAS.COM - Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan, lebih banyak tentara dan veteran yang melakukan bunuh diri tahun lalu daripada yang mati bertempur di Afganistan.

Tahun lalu, tujuh tentara Inggris melakukan bunuh diri, sedangkan 14 lainnya dicurigai bunuh diri tapi belum bisa dipastikan karena masih dalam penyelidikan.

Pemerintah Inggris tidak mempunyai catatan tentang kasus-kasus bunuh diri mantan personil militer, tapi sebuah investigasi oleh program Panorama BBC menunjukkan, paling sedikit 29 veteran melakukan bunuh diri di tahun 2012.

Jumlah total 50 pelaku bunuh diri itu melebihi jumlah 40 tentara yang tewas dalam tugas di Afghanistan pada periode yang sama.

Pengungkapan ini  memicu seruan agar militer berbuat lebih banyak untuk mendukung para tentara yang mengalami stress (post-traumatic stress disorder).

Jurubicara Kementerian Pertahanan mengatakan, angka bunuh diri dan post-traumatic stress disorder di kalangan tentara masih lebih rendah dibandingkan dengan  angka kejadian bunuh diri dalam kalangan masyarakat sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com