Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permohonan Suaka Snowden Belum Sampai ke Kremlin

Kompas.com - 15/07/2013, 05:17 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia menunggu permintaan suaka dari Edward Snowden, pembocor data intelijen Amerika, yang tampaknya akan menimbulkan ketegangan dengan Washington. Sampai Minggu (14/7/2013), permintaan suaka belum sampai ke Kremlin. Sebelumnya, Snowden mengatakan akan meminta suaka Rusia.

Brisbane Times melaporkan, Senin (15/7/2013), Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov terlihat mengambil jarak soal kontroversi mengenai Snowden dengan mengatakan bahwa Pemerintah Rusia “tidak menghubungi” Snowden. Dia pun mengatakan hanya tahu dari media massa soal pertemuan Snowden dengan aktivis hak asasi manusia. “Hukum yang berlaku di Rusia untuk meminta suaka adalah pertama-tama melalui Kantor Pelayanan Migrasi,” kilah Lavrov.   

Pada pertemuan dengan aktivis HAM, Jumat (12/7/2013), Snowden mengatakan memutuskan akan meminta suaka ke Rusia. Usaha Snowden mencari suaka ke Rusia, satu di antara puluhan negara yang dijajakinya, telah menempatkan Presiden Barack Obama dan Vladimir Putin pada posisi saling berhadapan.

Rencana Snowden meminta suaka di Rusia sembari mencari jalan yang aman untuk pergi ke Amerika Latin, bahkan telah mengganggu persiapan pertemuan puncak antara Obama dan Putin yang diagendakan berlangsung pada September 2013.

Dalam pembicaraan telepon pada  akhir pekan, kedua pemimpin tersebut memberi indikasi bahwa mereka tak mau kasus Snowden merenggangkan hubungan kedua negara. "Saya rasa kedua belah pihak mencoba untuk tidak membesar-besarkan soal ini sehingga akan berpengaruh pada hubungan kedua negara,” tutur mantan Duta Besar Amerika di Rusia, James Collins.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com