Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusaknya Wesel Rel Jadi Penyebab Kecelakaan Kereta di Perancis

Kompas.com - 13/07/2013, 18:57 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

Sumber

PARIS, KOMPAS.com - Penyebab terjadinya kecelakaan kereta api di dekat Paris, Perancis mulai terkuak. Dari investigasi awal dikemukakan bahwa rusaknya wesel atau alat pemindah jalur kereta menjadi penyebab utama tragedi yang menewaskan enam orang itu.

Dalam pernyataan resmi perusahaan kereta SNCF, Sabtu (13/7/2013) dijelaskan bahwa longgarnya batang penghubung pada wesel rel di stasiun Bretigny-sur-Orge, menyebabkan kereta kereta anjlok dan meluncur keluar lintasan.

Pada saat yang sama, Menteri Transportasi Perancis, Frederic Cuvillier, mendesak agar segera dilakukan peremajaan rel yang saat ini sudah menua.

"Batang penghubung pada wesel rel telah longgar dan terlepas dari tempatnya,"kata Pierre Izard, GM Infrastruktur SNCF.

Dia menjelaskan bahwa kondisi rel kereta api sebenarnya telah diperiksa pada 4 Juli. Namun seiring dengan kecelakaan yang terjadi itu, perseroan kembali akan melakukan pemeriksaan.

Sementara itu, Frederic Cuvillier mengatakan tidak ditemukan kesalahan manusia (human error), dan dia memuji tindakan masinis kereta api yang dinilainya memiliki reflek yang luar biasa, karena secara langsung mengirimkan sinyal darurat yang mencegah tabrakan dengan kereta yang melaju dari arah berlawanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com