Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Topan Soulik Sudah Merah

Kompas.com - 12/07/2013, 17:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — China sudah membubuhkan level "merah" untuk mengantisipasi Topan Soulik. Menurut warta Xinhua pada Jumat (12/7/2013), peringatan pada tingkat ini adalah yang tertinggi. Peringatan ini disampaikan kepada khalayak oleh Pusat Nasional Ramalan Cuaca China.

Lembaga itu mengatakan, sejak Jumat malam hingga sepanjang Sabtu, Soulik bakal melanda China dengan tiupan angin kencang. Topan itu akan menimbulkan ombak laut hingga 11 meter. Pantai selatan dan timur China adalah wilayah-wilayah yang bakal dilewati topan ini. "Topan Soulik juga akan melintasi Kepulauan Diayou," kata lembaga tersebut.

Lalu, ombak setinggi 9 meter akan terjadi di Selat Taiwan. Hal sama juga akan terjadi di dekat pantai Provinsi Zhejiang dan Fujian.

Lembaga itu juga mengingatkan agar warga masyarakat mempersiapkan diri menghadapi Soulik. Peringatan khusus ditujukan kepada para nelayan berikut industri perikanan di pantai China.

Sementara itu, soal peringatan bencana, China menerapkan empat level dengan penanda warna. Paling berbahaya adalah merah lantaran ancaman kerusakan yang ditimbulkan terbilang paling parah. Menyusul di belakang merah dengan tingkatan makin ringan, yaitu oranye, kuning, dan biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com