Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, Google "Down" Satu Jam

Kompas.com - 11/07/2013, 05:13 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber CNN.com
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Layanan Google dan aplikasi terkait sempat terhenti selama sekitar satu jam, Rabu (10/7/2013). Kekhawatiran dan kehebohan pun menggelegak di jagat "world wide web".

Laporan "down" Google muncul pada pukul 09.30 waktu Amerika bagian timur, atau sekitar pukul 20.30 WIB, dan dengan cepat menyebar di Twitter. Sontak beragam pertanyaan apakah gangguan juga akan terjadi di tempat lain bersahutan. Pada pukul 10.35 zona waktu yang sama, beberapa pengguna melaporkan layanan Google sudah kembali normal.

Dalam sebuah e-mail ke CNN, Google mengatakan pihaknya menerima laporan ada masalah dengan layanan Google dari pengguna di West Virginia, North Carolina, Nebraska, dan Georgia. Semuanya di Amerika Serikat.

"Namun, masalah itu cepat diselesaikan dan sekarang berakhir. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ada kepada pengguna kami di sana," kata Google dalam pernyataannya.

Selama satu jam tersebut, layanan Google yang "down" adalah Gmail, Google Plus, Google Drive, dan YouTube. Dasbor status Google App menyebutkan semua permasalahan telah diatasi pada pukul 10.40 waktu timur Amerika (ET).

Meski tak berfungsinya layanan Google dan aplikasi yang terkait berlangsung sekitar satu jam saja, pengguna Twitter sudah bersahutan dengan beragam reaksi. Salah satu tweet ditulis Adam Sullivan: Jika google down ... Bagaimana aku google "mengapa google down?"

Komentar lain melalui akun Twitter ditulis oleh Rebeccah Connelly: Ya, Tuhan itu akhir umat manusia seperti yang kita tahu. Perlu pergi membeli roti dan susu. #Googledown

Sembari menggunakan alternatif mesin pencari dari penyedia layanan lain, seperti Bing produk Windows, para pengguna Twitter di kawasan tersebut terus melontarkan gurauan soal matinya layanan Google dengan hashtag #Googledown.

Dalam gurauan itu, ada pula komentar yang mengaitkannya dengan ramalan kiamat suku bangsa Maya, yang beberapa waktu sempat memunculkan kehebohan global.

Keriuhan akibat satu jam padamnya layanan Google terwakili oleh tweet Matt Braddick, yang menulis: Saya merasakan gangguan besar, seolah-olah jutaan suara tiba-tiba menangis ketakutan dan tiba-tiba dibungkam. # Googledown

Lainnya tercengang bahwa Google bisa padam. Hibah McFerrin menulis: Google seperti Walmart dan wafel rumah. Ini seharusnya buka 24/7. #GoogleDown

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com