Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor di Sichuan, 11 Keluarga Tertimbun Tanah

Kompas.com - 10/07/2013, 16:37 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Sebanyak 30-40 orang terkubur tanah longsor di Zhongxing, Provinsi Sichuan, China, yang dipicu hujan lebat, Rabu (10/7/2013).

Demikian dijelaskan pasukan pemadam kebakaran provinsi di ibu kota Chendu lewat akun mikroblognya.

Seorang pejabat lokal Zhngxing kepada AFP melalui saluran telepon mengatakan, sejauh ini baru dipastikan 11 keluarga terkubur tanah dan lebih dari 200 warga dievakuasi.

Sementara itu, sekitar 2.700 orang anggota tim penyelamat dikerahkan untuk mencari 12 orang yang hilang setelah sebuah jembatan di Jiangyou ambruk, Selasa (9/7/2013).

Lin Rui, yang sedang mengendarai mobilnya saat jembatan itu jatuh tetapi mampu menyelamatkan diri, mengatakan, setidaknya terdapat 15-18 kendaraan di atas jembatan itu saat ambruk.

"Ada beberapa mobil di depan saya. Sebuah bus, saya tak ingat pasti," papar Lin Rui kepada televisi nasional China, CCTV.

Para pejabat lokal mengatakan, dalam bencana yang diakibatkan hujan deras ini, setidaknya enam kendaraan bermotor hilang. Pejabat membantah di antara kendaraan yang hilang itu terdapat sebuah bus.

Sebagian besar wilayah China dihantam hujan deras dalam beberapa hari belakangan ini, termasuk di sebagian besar kawasan Sichuan, yang harus kehilangan tiga jembatan sejak Senin lalu.

Secara total, bencana ini sudah merusak 300 rumah di Sichuan dan Yunnan serta tak kurang dari 36.800 orang direlokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com