Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Pemimpin Ikhwanul Muslimin Ditangkap

Kompas.com - 06/07/2013, 09:18 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Wakil Ketua Ikhwanul Muslimin Khayrat Ash-Shater ditangkap di Kairo pada Jumat (5/7/2013), dengan tuduhan menghasut kerusuhan terhadap oposisi, kata kantor berita MENA melaporkan.
    
Pada hari yang sama, polisi menangkap pengacara resmi Abdel Moneim Abdel-Maqsood dari Ikhwanul Muslimin—asal presiden terguling Muhammad Mursi—dan mantan calon presiden dari kubu Salafi Hazem Salah Abu Ismail.
    
Sebelumnya,, beberapa laporan mengatakan, pembimbing umum Ikhwanul Muslimin, Mohammed Badie, telah ditangkap. Namun, Badie yang berpidato di hadapan kerumunan pendukung Mursi di Bundaran Rabiah Al-Adawiyah, Jumat, membantahnya dan menyebut berita itu palsu.
    
Sejumlah anggota Ikhwanul Muslimin dan pemimpin dari kubu Islam ditangkapi sejak Mursi digulingkan oleh militer pada Rabu (3/7/2013) dan dua stasiun televisi yang berafiliasi pada kelompok itu juga ditutup.
   
Beberapa sumber keamanan mengatakan, langkah (penangkapan) tersebut dimaksudkan untuk mencegah para pemimpin Islam mendesak pendukung mereka melakukan aksi kerusuhan guna melawan pasukan keamanan atau perayaan terbuka atas penggulingan Mursi.
    
Kejaksaan Mesir juga membebaskan dua tokoh Ikhwanul Muslimin yang belum lama ini ditangkap, demikian laporan televisi resmi.
    
Mohamed Saad Al-Katatni, pemimpin Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP), Ikhwanul Muslimin, dan Rashad Al-Bayoumi—Wakil Pembimbing Umum kelompok itu—ditangkap pada Rabu dengan tuduhan menghasut kerusuhan, tepat setelah penggulingan Mursi.
    
Sementara itu, sedikitnya 24 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang cedera dalam bentrokan antara penentang dan pendukung Mursi di beberapa gubernuran di seluruh negeri tersebut, termasuk di ibu kota Mesir—Kairo, Iskandariya, Assiut, Suez, dan Sinai Utara, kata MENA.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com