Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Filipina Beli Dua Fregat dari Italia

Kompas.com - 03/07/2013, 20:49 WIB
MANILA, KOMPAS.com - Angkatan Bersenjata Filipina, Rabu (3/7/2013), memastikan akan membeli dua buah kapal fregat kelas Maestrale dari Italia.

Kepastian pembelian dua kapal baru ini disampaikan Kementerian Pertahanan Filipina di tengah meningkatnya ketegangan terkait sengketa wilayah dengan China.

Kedua kapal fregat dan 12 buah pesawat tempur FA-51 merupakan pembelian paling signifikan terkait modernisasi militer dengan anggaran 1,7 miliar dolar AS selama lima tahun ke depan.

"Kami tengah memordenisasi angkatan bersenjata bukan karena kami ingin berperang dengan China," kata Menteri Muda Pertahanan Fernando Manalo.

Manalo menambahkan, pemerintah Filipina memiliki kewajiban untuk mempertahankan "Laut Filipina Barat". Nama ini digunakan pemerintah Filipina untuk menyebut kawasan sengketa di Laut China Selatan.

"Kami tidak menyatakan bahwa modernisasi ini adalah bagian dari upaya kami memastikan kedaulatan di Laut Filipina Barat. Kami hanya mengatakan tidak akan menyerahkannya begitu saja," tambah Manolo.

Kedua fregat Italia itu akan bergabung dengan dua kapal kelas Hamilton yang pernah digunakan penjaga pantai AS.

Kedua kapal itu diperoleh dari AS untuk memperkuat AL Filipina yang sebagian besar kapalnya sudah mulai menua. Bahkan beberapa kapal merupakan kapal yang pernah bertugas di masa Perang Dunia II.

Selain memperbarui kapal-kapal angkatan lautnya, Filipina juga mulai berbelanja pesawat-pesawat tempur baru dari Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com