Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snowden Berterima Kasih pada Ekuador

Kompas.com - 02/07/2013, 15:02 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Edward Snowden, analis intelijen yang kini buron, mengucapkan terima kasih pada Ekuador atas dukungan negara itu dalam upayanya untuk menghindari ekstradisi ke Amerika Serikat. Dalam sebuah surat yang dipublikasikan Senin (1/7/2013), Snowden mengatakan, Ekuador merupakan negara yang dapat menjadi "contoh bagi dunia".

Snowden adalah mantan kontraktor NSA, sebuah badan keamanan nasional AS. Ia membocorkan program rahasia pemantauan intelijen yang dilakukan badan intelijen AS. Ia mengungkapkan, program pemantauan intelijen itu memungkinkan NSA dan FBI dapat secara langsung menyadap jaringan telepon dan internet warga AS.

"Tak banyak pemimpin dunia yang berani mengambil risiko untuk memperjuangkan hak asasi manusia seorang individu melawan pemerintahan yang paling kuat di bumi, dan Ekuador serta rakyatnya merupakan sebuah bagi dunia," kata Snowden kepada Presiden Rafael Correa dalam sebuah surat yang diperoleh kantor berita Inggris, Press Association (PA).

Snowden memilih Fidel Narvaez, konsul Ekuador di London, untuk menjamin keamanannya setelah melarikan diri dari Hongkong delapan hari lalu. “Saya tidak akan pernah mengambil risiko untuk bepergian tanpa perlindungan dia,” ujarnya dalam surat yang ditulis dalam bahasa Spanyol itu.

"Atas dukungan terus-menerus dari pemerintahan Anda, kini saya tetap bebas dan mampu untuk memublikasikan informasi yang melayani kepentingan publik," tulis Snowden. (Dyah Arum Narwastu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com