Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabinet Baru Australia Terbentuk, Jumlah Perempuan Catat Rekor

Kompas.com - 01/07/2013, 10:52 WIB
SYDNEY, KOMPAS.COM — Perdana Menteri baru Australia, Kevin Rudd, mengumumkan kabinetnya pada Senin (1/7/2013). Ia membuat rekor terkait jumlah perempuan dalam kabinetnya, dan menegaskan bahwa masalah ekonomi sebagai fokus kerjanya.

"Saya senang bahwa dalam kabinet kami ini, kami akan memiliki jumlah perempuan terbanyak di kabinet dalam sejarah Australia," katanya. Namun, ia menegaskan pemilihan bukan berdasarkan jender melainkan prestasi.

Rudd secara dramatis merebut kembali kursi perdana menteri Australia pada Rabu lalu, tiga tahun setelah ia secara mendadak digulingkan oleh Partai Buruh. Namun karena posisi Partai Buruh yang terpuruk dalam jajak pendapat, partai itu pun menyingkirkan Julia Gillard.

Dalam kabinet barunya itu, Rudd mengangkat beberapa sekutu pentingnya dan menggeser pendukung Julia Gillard. Jumlah perempuan dalam kabinet naik dari sembilan pada masa Gillard menjadi 11 orang saat ini. Ada tiga menteri perempuan baru yang bergabung, yaitu Jacinta Collins yang menjadi Menteri Kesehatan Mental, Catherine King menjadi Menteri Regional Australia, dan Melissa Parke menjadi Menteri Pembangunan Internasional.

Mantan Menteri Lingkungan Tony Burke, yang mendukung Gillard dalam pemungutan suara untuk menentukan pemimpin partai, digeser menjadi Menteri Imigrasi.

Pendukung utama Rudd, Joel Fitzgibbon dan Kim Carr, kembali ke kabinet, dan anggota parlemen negara bagian Victoria, Richard Marles, dipromosikan masuk kabinet sebagai Menteri Perdagangan.

Deputi Perdana Menteri Anthony Albanese akan mengambil alih posisi menteri komunikasi yang kosong setelah ditinggalkan Senator Stephen Conroy dan akan bertanggung jawab atas National Broadband Network (NBN). Albanese tetap merangkap sebagai Menteri Transportasi dan Infrastruktur.

Rudd menegaskan bahwa kabinetnya akan berkerja keras untuk meningkatkan perekonomian. "Tugas utama Pemerintah Australia ini adalah untuk menjaga perekonomian yang kuat," katanya.

Kabinet baru itu dijadwalkan akan dilantik Senin sore dan akan mengadakan pertemuan pertama pada Senin malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com