Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Hezbollah di Lebanon Diincar Bom

Kompas.com - 28/06/2013, 18:41 WIB
Ervan Hardoko

Penulis


BEIRUT, KOMPAS.com — Dua bahan peledak berkekuatan rendah meledak, Jumat (28/6/2013), di kota Zahle, Lebanon. Bom itu diduga kuat diledakkan dengan target sebuah "konvoi keamanan".

Menurut sejumlah media Lebanon, konvoi yang menjadi target ledakan bom adalah konvoi kelompok Hezbollah, yang kini berperang di Suriah mendukung pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad.

"Dua buah bom meledak sekitar pukul 5.30 pagi saat sebuah konvoi pasukan keamanan yang terdiri dari tiga mobil 4x4 melintas di jalan raya internasional di kota Zahle, yang menuju ke kota Baalbek," demikian sumber aparat keamanan seperti dikutip AFP.

"Dua orang bersenjata keluar dari mobil dan menembakkan senjata mereka ke udara, ketika bom itu meledak sebelum iring-iringan melintas menuju Shtoura di dekat perbatasan Suriah," tambah sumber itu.

Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) dan Pasukan Keamanan Dalam Negeri (ISF) dikirim ke lokasi ledakan dan memblokade kawasan itu. Saat ini penyelidikan terkait insiden itu sedang dilakukan.

Sejak Maret 2011, saat pemberontakan terhadap rezim Suriah dimulai, perlahan-lahan suhu politik Lebanon ikut terpengaruh dengan konflik di negeri tetangganya itu.

Kini Lebanon terbelah antara kelompok pendukung Pemerintah Damaskus dan kelompok yang mendukung kelompok oposisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com