Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekuador Belum Memutuskan Apakah Terima Snowden

Kompas.com - 28/06/2013, 08:53 WIB
QUITO, KOMPAS.com — Presiden Ekuador, Rafael Correa, Kamis (27/6/2013), mengatakan, pemerintahnya belum mempertimbangkan apakah akan menerima pembocor rahasia intelijen AS, Edward Snowden.

"Apakah dia akan diizinkan untuk tiba di wilayah Ekuador? Ini adalah sesuatu yang pada prinsipnya kami tidak pertimbangkan," kata Rafael Correa dalam sebuah konferensi pers. "Kami mungkin akan mendalami hal itu, tetapi untuk saat ini dia berada di Rusia."

Pemimpin sayap kiri telah berjanji untuk mempertimbangkan permintaan suaka politik Snowden, tetapi ia mengatakan pada Kamis bahwa Quito tidak dapat memproses permohonannya selama ia tidak berada di wilayah Ekuador.

Correa mengatakan, Snowden, yang sedang bersembunyi di sebuah bandara Moskwa sejak Minggu setelah terbang dari Hongkong berada dalam perlindungan otoritas Rusia.

Sementara Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis, mengatakan, pihaknya tidak akan mengerahkan angkatan udara AS untuk mencegat setiap pesawat terbang yang diduga membawa buronan itu. "Tidak. Saya tidak akan mengerahkan angkatan udara hanya untuk menangkap peretas itu," kata Obama dalam konferensi pers di Dakar, Senegal.

Snowden tampaknya tidak bisa melanjutkan perjalanannya ke Ekuador yang kemungkinan akan memberikan dia suaka karena Pemerintah AS sudah membatalkan paspornya.  

Obama, yang sudah dipermalukan China dan Rusia yang menolak menyerahkan Snowden, menegaskan, hal paling merusak untuk AS dalam kasus ini bukanlah soal dipermalukan di kancah internasional. Hal paling penting adalah bocornya informasi penting dari program-program spionase terpenting AS.

Pemerintah AS menggunakan semua saluran hukum yang dimungkinkan dalam upaya mendapatkan kembali Edward Snowden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com