Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Barack Obama Awali Lawatan Afrika di Senegal

Kompas.com - 27/06/2013, 16:29 WIB


DAKAR, KOMPAS.com —
Presiden Amerika Serikat Barack Obama berada di ibu kota Senegal, Dakar, negara pertama yang ia kunjungi dalam lawatan ke Afrika.

Rombongan Obama dan keluarganya tiba di Dakar pada Rabu (26/6/2013) malam waktu setempat.

Dia dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Senegal Mackey Sall, Kamis (27/6/2013). Obama diperkirakan akan menyampaikan pujian atas stabilitas yang dicapai Senegal di tengah kawasan yang bergolak.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan, salah satu tujuan kunjungan Obama ke Afrika kali ini adalah untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik.

Kedatangan Obama di Senegal disambut baik sebagian warga.

"Saya berharap kunjungan Presiden Obama akan membuka peluang ekonomi bagi kita. Kami tahu dia membawa serta para investor, bos perusahaan. Oleh karena itu, saya pikir kunjungan ini bagus," kata seorang warga kepada BBC berbahasa Perancis untuk Afrika. 

Tiga negara

Sementara itu, warga lainnya mengeluh ketatnya pengamanan di ibu kota Dakar.

"Hanya karena kita menyambut kedatangan tamu penting tidak berarti pihak berwenang harus menutup restoran dan membersihkan jalan dari segala sesuatu yang ada atau melarang orang bekerja," kata seorang warga lainnya.

Setelah Senegal, Presiden AS akan melanjutkan kunjungan ke Tanzania dan Afrika Selatan. Kunjungan kali merupakan kunjungan Obama ke Afrika yang kedua sejak dia menjabat Presiden pada 2008.

Sementara itu, beberapa laporan menyebutkan kunjungan Obama ke Afrika Selatan pada akhir pekan mungkin terganggu oleh kondisi mantan Presiden Nelson Mandela yang semakin memburuk.

Namun, Mac Maharaj, seorang juru bicara Presiden Afrika Selatan, mengatakan, masih terlalu dini untuk mengetahui apakah jadwal lawatan Obama di Johannesburg dan Cape Town pada Sabtu dan Minggu mendatang akan terpengaruh oleh kondisi kesehatan Mandela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com