Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Turki Kunjungi Jalur Gaza Awal Juli

Kompas.com - 27/06/2013, 16:16 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com — Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan mengunjungi Jalur Gaza pekan depan. Demikian pernyataan seorang pejabat senior Hamas, Kamis (27/6/2013).

"Kunjungan Perdana Menteri Turki akan dilaksanakan pada 5 Juli mendatang," kata Sekretaris Jenderal Hamas Abdelsalam Siyyam dalam wawancaranya dengan Falestin, sebuah surat kabar yang dekat dengan Hamas.

Erdogan sudah lama menjanjikan kunjungan ke Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, meski langkah ini mendapat tentangan keras dari Amerika Serikat yang mengatakan langkah itu akan mengganggu upaya perdamaian Israel-Palestina.

Washington juga khawatir kunjungan Erdogan ini akan merusak upaya pendekatan kembali Israel dan Turki yang disponsori Presiden Barack Obama.

"Dua delegasi Turki, satu pejabat negara, dan satu jurnalis tiba di Gaza dua hari lalu dan bertemu dengan PM Ismail Haniya dan wakil Menlu Ghazi Ahmad untuk membicarakan detail kunjungan Erdogan," lanjut Siyyam.

"Mereka memberikan informasi soal rencana kunjungan Erdogan," tambah Siyyam.

Pekan lalu, Ismail Haniya dan pimpinan Hamas di pengasingan, Khaleed Meshaal, bertemu dengan Erdogan di Ankara membicarakan soal kunjungan ke Gaza.

Kunjungan Erdogan ini bertepatan dengan saat dia mendapatkan ujian terberat selama satu dekade pemerintahannya ketika ribuan warga Turki turun ke jalan menentang pemerintahan Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com