Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlin Peringati 50 Tahun Pidato John F Kennedy

Kompas.com - 27/06/2013, 06:30 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com — Kota Berlin, Jerman, pada Rabu (26/6/2013), memperingati 50 tahun pidato Presiden Amerika Serikat John F Kennedy yang terkenal, "Ich bin ein Berliner". Pidato ini adalah dukungan Amerika Serikat atas kota Berlin yang saat itu terpecah dua akibat dibangunnya Tembok Berlin oleh pengusaha komunis Jerman Timur.

Pidato ini disebut memberikan resonansi bagi perubahan dunia. Kantor berita AP, Rabu, melaporkan, Kennedy membuat pidato tersebut dalam kunjungan beberapa jam ke Berlin Barat pada 26 Juni 1963, hampir dua tahun setelah penguasa komunis Jerman Timur membelah Berlin menjadi dua bagian dengan membangun Tembok Berlin. Ketika itu, penduduk di Berlin Barat mulai ketakutan bahwa pihak Barat yang dimotori AS akan melepaskan seluruh Berlin kepada penguasa komunis.

"Lonceng Kebebasan" terdengar di bekas Gedung Balaikota Berlin Barat, lokasi tempat Kennedy berpidato di depan sekitar 300.000 penduduk Berlin Barat pada 50 tahun lalu. Suara lonceng ini menandai seremoni peringatan 50 tahun pidato bersejarah itu. Peringatan juga ditandai dengan pembacaan pidato Kennedy dalam bahasa Jerman dan Inggris yang dilakukan siswa Sekolah John F Kennedy di Berlin.

Egon Bahr (91) yang pernah menjadi asisten Wali Kota Berlin Barat saat itu, Willy Brandt, menjelaskan betapa sambutan dan teriakan meledak saat Kennedy menegaskan, "Ich bin ein Berliner". Terjemahan kalimat itu adalah "Saya ini warga Berlin".

"Semuanya sejalan dengan perasaan, harapan, dan ekspektasi dari warga Berlin," ujar Bahr. "Saya mengetahui insting yang muncul bahwa kami semua aman setelah mendengar kalimat tadi," tambahnya.

Willy Brandt kemudian menjadi salah satu Kanselir Jerman Barat terkemuka. Deklarasi Kennedy pun kemudian menjadi simbol hubungan kuat antara Jerman dan AS. Presiden AS Barack Obama juga menegaskan lagi hubungan kuat Jerman dan AS, pekan lalu, saat dia berkunjung ke Berlin dan melihat Brandenburg Gate.

Brandenburg Gate pada 1963 merupakan salah satu simbol Tembok Berlin, apalagi gerbang ini berada di sisi Jerman Timur saat itu. "Bahkan sampai hari ini, setiap Presiden AS akan merasa seperti di rumah sendiri saat berada di sini," ujar Wali Kota Berlin Klaus Wowereit saat resepsi menyambut Obama.

Bahr menegaskan kembali euforia warga Berlin saat mendengarkan pidato Kennedy. Ketika itu banyak warga Berlin khawatir mengapa pasukan AS tidak mencegah pembangunan tembok Berlin dengan menggunakan kekuatan militer mereka. "Warga di kota yang terbelah dua itu putus asa dan marah. Mereka khawatir kekuatan Barat akan menyerah dan membiarkan Berlin Barat," ujar Bahr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com