Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibisiki Rencana Obama Kunjungi Afsel, Mandela Membuka Matanya

Kompas.com - 26/06/2013, 22:49 WIB

PRETORIA, KOMPAS.com — Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela (94), dikabarkan membuka matanya dan tersenyum setelah dibisiki bahwa Presiden Barack Obama akan mengunjungi Afrika Selatan.

Kabar ini disampaikan salah seorang putri Mandela, Zindzi, yang membisiki ayahnya soal rencana kunjungan Obama ke Afrika Selatan.

"Setelah saya bisiki Obama akan datang, dia membuka matanya dan tersenyum kepada saya," ujar Zindzi.

Presiden Obama pada Rabu (26/6/2013) ini bertolak menuju Senegal dan akan tiba di Afrika Selatan pada Jumat (28/6/2013) dalam kunjungan keduanya ke Afrika sejak dia menjabat Presiden AS.

Obama sebenarnya sangat ingin bertemu dengan Nelson Mandela. Namun, dengan kondisi kesehatan Mandela saat ini, kemungkinan besar pertemuan kedua tokoh ini tidak akan terlaksana kecuali keluarga Mandela secara khusus mengundang Obama.

Mandela dirawat di rumah sakit di Pretoria sejak 8 Juni lalu akibat infeksi paru-paru, penyakit lama yang diperolehnya semasa menjalani masa tahanan 27 tahun di Pulau Robben.

Pada akhir pekan lalu, kondisi Mandela memburuk dan masuk ke fase kritis. Meski demikian, keluarga Mandela menegaskan tetap melanjutkan upaya medis untuk sang tokoh besar itu hingga Tuhan menentukan takdir Mandela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com