Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Rudd Depak Julia Gillard dari Kursi Perdana Menteri

Kompas.com - 26/06/2013, 18:06 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Australia Julia Gillard, Rabu (26/6/2013), menelan kekalahan dalam pemilihan ketua Partai Buruh Australia dari rival utamanya, Kevin Rudd.

Konsekuensi kekalahan ini membuat Gillard, yang adalah perdana menteri perempuan pertama Australia, harus kehilangan jabatannya.

Kemenangan dalam pemilihan internal partai ini membuat Kevin Rudd (45) menjadi perdana menteri baru Australia beberapa bulan menjelang pemilihan umum negeri itu.

Gillard, yang melengserkan Rudd pada 2010 dengan skenario yang sama, memutuskan untuk menggelar pemilihan ketua partai di tengah kabar bahwa Rudd sedang menggalang dukungan untuk menentang Gillard.

Keputusan menggelar pemilihan ketua ini juga dilakukan akibat buruknya hasil survei terhadap elektabilitas Partai Buruh menjelang pemilu September mendatang.

Dengan kemenangan ini, Rudd harus menunjukkan bahwa dirinya mampu mendapatkan dukungan mayoritas suara di DPR sebelum Gubernur Jenderal Australia melantiknya sebagai perdana menteri.

Jika Rudd gagal, maka pemimpin oposisi Tony Abbott bisa meminta pembentukan pemerintahan baru atau mempercepat pemilu ke bulan Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com