Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Buka Kembali Penyeberangan Gaza

Kompas.com - 26/06/2013, 14:51 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Tentara Israel, Rabu (26/6/2013), membuka kembali dua penyeberangan ke Jalur Gaza yang sempat ditutup sebagai hukuman setelah kaum militan menembakkan lima roket ke wilayah Israel.

"Kerem Shalom dan Erez kembali dibuka pagi ini dan beroperasi seperti biasa," kata pihak militer dalam sebuah pernyataan.

Kedua penyeberangan itu ditutup hari Senin. Kerem Shalom, yang terletak di ujung selatan perbatasan Israel-Gaza, merupakan titik persimpangan untuk semua barang-barang komersial, sementara Erez, yang terletak di ujung utara, merupakan terminal bagi wisatawan.

Minggu malam, militan menembakkan lima roket ke Israel selatan. Dua di antara roket itu dicegat oleh sistem anti-rudal Iron Dome. Tiga lainnya tidak menyebabkan kerusakan atau korban cedera, tetapi memicu beberapa serangan udara balasan oleh angkatan udara Israel, yang juga tidak menimbulkan cedera.

Para pejabat militer Israel mengatakan, mereka yakin bahwa roket-roket itu telah ditembakkan oleh Jihad Islam sebagai akibat dari perseteruan internal dengan gerakan Hamas yang berkuasa, yang bertanggung jawab untuk menjaga situasi tenang di sepanjang perbatasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com