Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Minta Inggris Jelaskan Program Spionase

Kompas.com - 25/06/2013, 21:55 WIB


BERLIN, KOMPAS.com
- Pemerintah Jerman, Selasa (25/6/2013), meminta Inggris menyediakan informasi tentang kegiatan mata-mata kontroversial yang dilakukan badan-badan intelijen Inggris.

Informasi bahwa agen-agen intelijen Inggris melakukan kegiatan mata-mata kontroversial tersebut diungkap oleh mantan pegawai kontrak CIA, Edward Snowden.

Menurut Snowden, badan intelijen Inggris GCHQ secara diam-diam menyadap data komunikasi internet melalui kabel serat optik dalam jumlah yang sangat besar.

Menteri Kehakiman Jerman, Sabine Leutheusser-Schnarrenberger, meminta klarifikasi apakah benar Inggris mengumpulkan data komunikasi tersebut.

Wartawan BBC di Berlin, Stephen Evans, mengatakan surat yang ia kirim kepada pemerintah Inggris secara spesifik memuat empat pertanyaan.

Pertama, apa landasan hukum kegiatan mata-mata tersebut.

Kedua, apakah kegiatan memantau komunikasi ini sudah mendapat pengesahan pengadilan.

Ketiga, apakah ada informasi yang dikumpulkan dari orang-orang tertentu dan yang terakhir apakah ada warga Jerman yang menjadi sasaran kegiatan mata-mata.

Surat permintaan klarifikasi dikirim ke London setelah kanselir Jerman Angela Merkel mempertanyakan kegiatan mata-mata ini.

Di Jerman isu mata-mata ini bisa bergulir menjadi masalah besar dan serius karena Komunis dan Nazi di masa lalu melakukan kegiatan mata-mata terhadap warga Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com