Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Kasus Edward Snowden, AS Minta Rusia Bersikap Tenang

Kompas.com - 25/06/2013, 21:49 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Selasa (25/6/2013), meminta Rusia agar bersikap tenang dan menyerahkan tersangka pembocor informasi intelijen Edward Snowden.
 
Dalam pernyataan yang dikeluarkannya dalam kunjungan di Arab Saudi, Kerry juga menambahkan, Amerika Serikat tidak ingin berkonfrontasi dengan Rusia terkait masalah ini.

Kerry menegaskan, penyerahan mantan kontraktor yang bekerja untuk Pemerintah AS yang diyakini kini berada di Rusia itu adalah masalah aturan hukum semata.

"Saya hanya meminta ketenangan dan sikap masuk akal dalam masa di mana kita tidak perlu meningkatkan level konfrontasi terhadap sesuatu, yang sejujurnya, sangat mendasar dan normal seperti ini," kata Kerry dalam jumpa pers di Jeddah, Arab Saudi.

"Kami tidak ingin mencari konfrontasi. Kami tidak memerintahkan siapa pun. Kami hanya meminta dengan prosedur yang normal," Kerry menegaskan.

Kerry menjelaskan, Amerika Serikat mengirim pulang tujuh orang yang diminta Pemerintah Rusia selama dua tahun terakhir tanpa banyak keributan dan tanpa banyak argumen.

Lebih jauh Kerry mengatakan, pernyataan Menlu Rusia yang menyatakan kedua negara tidak memiliki perjanjian ekstradisi secara teknis memang benar.

"Kami berharap, sebagai sebuah bangsa berdaulat, Rusia tidak akan melihat masalah ini sebagai kepentingannya dengan memihak seseorang yang dituduh melanggar hukum di negara lain," ujar Kerry.

Edward Snowden melarikan diri ke Hongkong setelah membocorkan operasi penyadapan komunikasi yang dilakukan dinas intelijen AS.

Kini dia diduga kuat berada di Rusia setelah menghilang dalam penerbangan menuju ke Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com