Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekuador Tinjau Ulang Permintaan Suaka Snowden

Kompas.com - 25/06/2013, 16:22 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Ekuador sudah mengatakan ke Rusia pihaknya tengah meninjau ulang permintaan suaka Edward Snowden, kontraktor intelijen AS yang disangka membobol catatan rahasia Badan Keamanan Nasional AS (NSA). Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino Aroca mengatakan hal itu di Hanoi, Vietnam, dalam keterangan persnya pada Senin (24/6/2013) kemarin sebagaimana warta AP.

Aroca berkunjung ke Vietnam selama dua hari. Ia mengonfirmasi bahwa pemerintahnya memang menerima permintaan suaka dari Snowden melalui jejaring sosial Twitter. "Kami tengah meninjau ulang permintaan itu," katanya.

Sebelumnya, sebuah pesawat Aeroflot SU-150 dilaporkan membawa Snowden mendarat di Bandar Udara Sheremetyevo, Moskwa, pada Minggu pukul 17.05 waktu setempat dari Hongkong. Media lokal Moskwa mengatakan, Snowden bakal bertolak menuju Kuba atau Karakas (Venezuela) atau Ekuador.

Snowden berangkat ke Hongkong pada 20 Mei 2013 setelah membeberkan catatan rahasia NSA soal penyadapan telepon dan internet warga AS. Berita termutakhir menunjukkan, Snowden justru tak kehilangan batang hidungnya di Moskwa. Kursi pesawat yang bakal ditumpanginya pun kosong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com