Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2013, 18:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sejak 2010, ada 18 warga asing terbunuh di Pakistan. Sementara, dalam kurun waktu itu pula, ada 77 orang tewas terbunuh dalam sepuluh serangan bersenjata langsung, termasuk terhadap warga asing itu.

Warta AP pada Senin (24/6/2013) mengutip data resmi Kementerian Dalam Negeri Pakistan sebagaimana diungkapkan Menteri Dalam Negeri Pakistan Nisar Ali Khan. "Kebanyakan pelaku penyerangan bersenjata itu adalah kelompok militan Tehrik-i-Taliban Pakistan (TTP),"katanya di Islamabad.

Data serangan bersenjata paling mutakhir terjadi pada Minggu (23/6/2013) malam. Korban serangan adalah sebelas warga asing. Dari jumlah itu, sepuluh di antaranya tewas. Lokasi penyerangan ada di Gilgit-Baltistan, kawasan Utara Pakistan.


Lokasi persis penyerangan ada di basis perkemahan setinggi 6.500 meter di atas permukaan laut di kaki Gunung Nanga Parbat, gunung kesembilan tertinggi di dunia.

Laporan menunjukkan, pelaku penyerangan sekitar 12 orang. Meereka mengenakan seragam pemandu lokal. Awalnya, mereka menculik dua pemandu wisata lokal yang tengah bertugas membawa turis ke kamp Fairy Meadows di distrik Diamir, Gilgit-Baltistan.

Sementara, identifikasi korban tewas adalah 2 berkebangsaan China, 1 China Amerika, dan 1 Nepal. "Kami masih mengidentifikasi 6 kewarganegaraan korban tewas lainnya,"kata Nisar Ali Khan.

Ali Khan mengatakan satu orang korban selamat dari penembakan adalah seorang berkebangsaan China. Korban sempat menyelamatkan diri melalui saluran pembuangan air. "Kelompok Jundallah, sebuah fraksi dari Taliban Pakistan, mengklaim bertanggung jawab,"demikian Nizar Ali Khan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com