Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AU Israel Serang Gudang Senjata dan Lokasi Peluncuran Roket Palestina

Kompas.com - 24/06/2013, 15:29 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

GAZA CITY, KOMPAS.com — Angkatan udara Israel, Senin (24/6/2013) dini hari, melakukan serangan ke Jalur Gaza menyusul kabar penembakan roket Palestina ke wilayah selatan Israel.

Dalam pernyataan resminya, Angkatan Bersenjata Israel (IDF) mengatakan, serangan itu ditujukan untuk menghancurkan dua gudang senjata di Jalur Gaza.

"Sebagai respons sejumlah serangan roket ke wilayah Israel dalam beberapa jam terakhir, angkatan udara Israel menyerang infrastruktur teroris, termasuk dua gudang senjata di Jalur Gaza dan sebuah lokasi peluncuran roket di Jalur Gaza selatan. Para pilot AU melaporkan, sasaran berhasil dihancurkan," demikian IDF.

Namun, sejumlah saksi mata kepada AFP mengatakan, tembakan angkatan udara Israel menghantam lahan kosong dan tidak menimbulkan korban.

Sebelumnya, pada Minggu (23/6/2013), dua roket Palestina menghantam wilayah selatan Palestina, tetapi tidak menimbulkan kerusakan atau korban. Sementara dua roket lainnya berhasil dicegat sistem pertahanan "Iron Dome". Demikian pernyataan IDF.

IDF menuding Hamas yang menguasai Jalur Gaza mendalangi penembakan roket itu. Meski demikian, tak satu pun kelompok di Palestina mengklaim bertanggung jawab.

Selain serangan balasan AU Israel, akibat lainnya adalah penutupan pintu perbatasan Kerem Shalom. Padahal, pintu perbatasan ini adalah pelintasan utama berbagai barang dagangan antara Israel dan Jalur Gaza.

Serangan udara Israel ini semakin memperkeruh situasi Jalur Gaza yang sedang hangat akibat perselisihan Hamas dan Jihad Islam.

Hubungan antara Jihad Islam dan Hamas memburuk setelah salah seorang komandan sayap militernya tewas ditembak polisi Hamas. Demikian salah seorang pimpinan Jihad Islam seperti dikutip AFP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com