Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Akan Curhat di Forum APEC

Kompas.com - 22/06/2013, 12:45 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Para petani dari negara anggota Asian Pasific Economic Cooperation (APEC) berkumpul di Medan, Sumatera Utara, dalam forum Kemitraan pada Kebijakan Ketahanan Pangan (Policy Partnership on Food Security/PPFS). Mereka akan berbagi pengalaman soal pertanian. Pertemuan dimulai hari ini, Sabtu (22/6/2013), hingga tiga hari ke depan.

PPFS merupakan forum antara sektor swasta dan pemerintah. Tugas utamanya membahas isu-isu kebijakan ketahanan pangan di kawasan Asia Pasifik. Kali ini merupakan pertemuan kedua setelah pertemuan di Jakarta pada Januari lalu.

Target PPFS tahun ini adalah merumuskan "Road Map Toward 2020". Peta jalan tersebut akan menjadi acuan utama dan masukan bagi pemimpin ekonomi APEC.

Dalam keterangan persnya, panitia APEC menjelaskan, pertemuan PPFS di Medan akan membahas isu pelibatan petani dalam pencapaian ketahanan pangan global. Para petani diberi kesempatan mengutarakan pengalaman masing-masing selama bertani.

Beberapa negara yang telah menyatakan bakal berpartisipasi antara lain Amerika Serikat, Australia, China, Jepang, dan Selandia Baru. Indonesia akan diwakili oleh kalangan swasta yang selama ini telah menjalin kemitraan dengan para petani, berkiprah di bidang teknologi pertanian, serta mendorong kemandirian petani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com