Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Tawarkan Kendaraan Perang ke Meksiko

Kompas.com - 19/06/2013, 19:17 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Ukraina siap menawarkan kendaraan perang produksinya ke Meksiko. Perusahaan negara Ukroboronprom mengatakan hal itu sebagaimana warta AP pada Rabu (19/6/2013).

Lebih lanjut, menurut perusahaan yang berada di bawah Kementerian Pertahanan Ukraina tersebut di Kyiv, ada dua jenis kendaraan pengangkut pasukan yang ditawarkan yakni seri APC-3E1 dan APC-4. Selain itu, masuk pula dalam penawaran adalah tank Oplot dan Bulat. "Alat pengatur presisi penembakan juga kami tawarkan," kata Direktur Jenderal Ukroboronprom Sergey Gromov.

Menurut Gromov, Meksiko sampai kini masih menggunakan piranti udara buatan bekas Uni Soviet. "Kami siap mengambil bagian dalam renovasi dan modernisasi piranti itu, termasuk permesinannya," kata Gromov.

Gromov mengatakan kedua negara memiliki potensi kerja sama teknik di bidang militer. Termasuk pembuatan alat pengatur presisi penembakan.

Institut Riset Perdamaian Internasional Stockholm mencatat nilai ekspor senjata Ukraina senilai 1,334 miliar AS setahun silam. Lantaran angka itu, Ukraina adalah negara terbesar keempat di dunia untuk sektor ekspor senjata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com