Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hassan Rohani: Kami Menentang Intervensi Asing di Suriah

Kompas.com - 17/06/2013, 21:32 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran terpilih Hassan Rohani, Senin (17/6/2013), memperingatkan bahaya intervensi internasional dalam konflik Suriah.

Dia menegaskan, krisis politik di negeri yang kini tercabik perang itu hanya bisa diselesaikan rakyat Suriah sendiri.

"Krisis Suriah harus diselesaikan rakyat Suriah sendiri. Kami menentang terorisme, perang saudara, dan intervensi asing," kata Rohani dalam jumpa pers pertamanya setelah dinyatakan memenangkan pemilihan presiden.

"Semoga, dengan bantuan seluruh negara kawasan dan dunia, kedamaian dan ketenangan akan kembali hadir di Suriah," tambah dia.

Lebih lanjut Hassan Rohani menegaskan, bagaimanapun Presiden Bashar al-Assad masih menjadi pemimpin Suriah. Dan fakta itu harus dihormati dunia internasional.

"Pemerintah (Presiden Bashar al-Assad) harus dihormati negara-negara lain di dunia sampai digelar pemilihan presiden pada 2014. Saat itulah rakyat Suriah akan menentukan pilihan," ujar Rohani.

Pada Sabtu (15/6/2013), Hassan Rohani ditetapkan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran setelah meraup lebih dari 50 persen suara. Kemenangan Rohani ini mengakhiri delapan tahun kekuasaan konservatif di bawah kekuasaan Mahmoud Ahmadinejad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com