Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi Jembatan Hubungkan Bulgaria dan Romania

Kompas.com - 15/06/2013, 07:07 WIB
Pieter P Gero

Penulis

VIDIN, KOMPAS.com — Sebuah jembatan baru diresmikan, Jumat (14/6/2013), menghubungkan Bulgaria dan Romania. Jembatan ini adalah jembatan kedua yang menyeberangi Sungai Danube. Memiliki panjang 500 kilometer, Sungai Danube merupakan perbatasan resmi kedua negara yang saling berbatasan di kawasan Balkan ini.

Jembatan tersebut dibangun untuk mendorong perekonomian kedua negara miskin di Eropa Timur yang kini masuk dalam Uni Eropa. Kantor berita AP melaporkan, jembatan yang persisnya menghubungi kota Vidin di Bulgaria dan Calafat di Romania ini dibuka resmi dalam sebuah acara yang dihadiri para politisi dari kedua negara dan sejumlah pejabat Uni Eropa. Diharapkan, jembatan akan mendorong pergerakan manusia dan ekonomi yang kemudian mendorong perekonomian kedua negara dan Uni Eropa.

Dibangun dengan biaya 282 juta euro, setara Rp 3 triliun, pembangunan jembatan dibantu Uni Eropa sekitar 106 juta euro. Kedua negara bekas sekutu Uni Soviet di Eropa Timur ini bergabung dengan Uni Eropa pada 2007. Selebihnya, biaya pembangunan jembatan didapatkan dari anggaran kedua negara dan investasi swasta.

Pembangunan jembatan ini juga bagian dari trasportasi Pan Eropa koridor IV yang menghubungkan Dresden, Jerman, hingga Thessaloniki, kota pelabuhan di Laut Aegean. Perjalanan Pan Eropa akan berakhir di Istanbul, Turki.

Jembatan kerangka baja dan kabel ini memiliki dua lajur pada tiap sisi jembatan, jalur kereta api, dan dua jalur pejalan kaki dan sepeda. Panjang jembatan ini keseluruhan sekitar 3,598 kilometer dengan ketinggian 1,791 meter di atas permukaan sungai. Jembatan pertama yang menyeberangi Sungai Danube dibangun pada 1954, menghubungkan Ruse di Bulgaria dan Giurgiu di Romania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com