Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Feri Tenggelam di Filipina, 26 Orang Hilang

Kompas.com - 14/06/2013, 15:20 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Sebuah kapal feri yang mengangkut 60 orang penumpang tenggelam di perairan Filipina tengah sehingga menyebabkan setidaknya dua orang tewas dan 13 lainnya hilang.

Kapal MV Lady of Mount Carmel tenggelam di dekat Pulau Burias pada 05.00 pagi waktu setempat, Jumat (14/6/2013).

Penjaga pantai setempat mengatakan, sebanyak 34 orang telah diselamatkan, tetapi yang lain masih hilang. Penjaga pantai dan angkatan laut terus mencari korban selamat.

Penyebab tenggelamnya kapal tersebut masih belum jelas. Kapten kapal mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa cuaca di laut termasuk tenang ketika kecelakaan itu terjadi.

Kepala pertahanan sipil daerah, Raffy Alejandro, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa menurut kapten kapal, sebagian besar penumpang mengenakan jaket penyelamat.

"Kami berharap banyak yang akan diselamatkan. Kami mampu merespons dengan cepat," katanya.

Kecelakaan maritim adalah kejadian yang umum di kepulauan Filipina karena cuaca tropis dan buruknya pengaturan penumpang serta lemahnya penegakan peraturan keselamatan.

Bencana maritim terburuk di dunia terjadi di Filipina pada bulan Desember 1987. Lebih dari 4.000 orang tewas ketika feri Dona Paz bertabrakan dengan kapal tanker.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com