Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Anjing Selamatkan Bayi yang Dibuang di Tempat Sampah

Kompas.com - 09/06/2013, 08:04 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Kisah soal seekor anjing dan berbagai perilakunya yang menakjubkan seakan tak pernah habis. Kali ini kisah kepahlawanan seekor anjing pintar terjadi di Thailand.

Seekor anjing bernama Pui menemukan seorang bayi di dalam sebuah tak plastik lalu ditinggalkan di tumpukan sampah di tepian sebuah jalan di Bangkok.

Setelah mengendusnya sejenak, Pui lalu membawa tas plastik berisi bayi itu ke majikannya Gumnerd Thongmak. Pui lalu menyalak keras-keras untuk mendapatkan perhatian pemiliknya.

Mendengar gonggongan Pui, keponakan Gumnerd, Sudarat (12), lalu keluar rumah dan membuka tas plastik yang dibawa anjing berwarna coklat itu. Sudarat kemudian melihat sosok bayi perempuan mungil.

Bayi malang itu kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter mengatakan anak itu lahir dalam kondisi prematur dan hanya berbobot dua kilogram.

Polisi hingga kini masih melacak orangtua bayi tersebut, sementara tim medis terus merawat bayi malang itu. Dokter mengatakan bayi itu dalam kondisi sehat.

"Beruntung Pui menemukan bayi itu. Itu merupakan kejutan bagi kami, karena Pui tak pernah membawa apapun yang ditemukannya di jalan ke rumah. Dia hanya suka menyalak ke arah orang asing," kata Poomrat Thongmak, ibu Sudarat.

Kini tercatat lima keluarga sudah menghubungi pemerintah karena ingin mengadopsi bayi itu. Semua keluarga penelepon ternyata keluarga yang memiliki anjing.

Aksi heroik Pui ini membuat dia mendapatkan penghargaan kalung kulit dan sebuah medali dari Palang Merah distrik Tha Rua, Bangkok.

Keberuntungan juga menghinggapi Gumnerd, pemilik Pui. Aksi anjing pintar ini membuat pemiliknya mengantungi uang hadiah 200 dolar AS atau hampir Rp 2 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com