Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis: Assad Gunakan Gas Sarin di Suriah

Kompas.com - 05/06/2013, 10:21 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Perancis mengatakan, ada bukti bahwa rezim Presiden Suriah, Bashar al-Assad, telah menggunakan gas saraf sarin yang mematikan dalam perang sipil di Suriah. Perancis menambahkan, "semua opsi", termasuk intervensi bersenjata ke Suriah, kini ada di atas meja.

Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius, mengatakan, uji laboratorium menunjukkan penggunaan gas "beberapa kali di beberapa tempat". "Kami tidak meragukan bahwa gas itu telah digunakan ... uji laboratorium jelas," kata Fabius di televisi, Selasa (4/6/2013), setelah Perancis melakukan uji laboratorium terhadap sampel darah dan rambut dari Suriah yang menunjuk adanya penggunaan gas sarin.

"Tidak ada keraguan bahwa rezim itu dan kaki tangannya menggunakan gas," tambah dia. "Tak dapat disangkal bahwa sebuah garis telah dilanggar. Kami akan mengadakan pembicaraan dengan mitra kami tentang apa yang harus kami lakukan dan semua opsi ada di atas meja, guna memutuskan apakah bereaksi, termasuk dengan cara bersenjata," kata Fabius. "Tapi kami belum berada di sana," kata Fabius merujuk pada intervensi bersenjata.

"Kami harus bereaksi, tapi pada saat yang sama kami tidak harus memblokir sebuah konferensi perdamaian," katanya mengacu pada upaya AS dan Rusia yang mendukung pemberontak bergabung dalam pembicaraan damai di Jenewa.

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney, mengatakan, Washington masih membutuhkan lebih banyak bukti sebelum menyatakan secara resmi bahwa gas sarin telah digunakan di Suriah. "Kami perlu memperluas bukti yang kami miliki ... sebelum kami membuat keputusan apa pun," kata Carney, yang menyinggung posisi Presiden Barack Obama yang menyatakan bahwa penggunaan gas saraf mematikan akan menjadi game-changer bagi Washington.

Para penyelidik PBB pada Selasa pagi mengatakan bahwa mereka memiliki "alasan yang kuat" untuk percaya kedua belah pihak di Suriah telah menggunakan senjata kimia. Ini untuk pertama kalinya Komisi Penyelidik di Suriah—yang bertugas untuk menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia di Suriah sejak 2011—menambahkan dugaan penggunaan senjata kimia dalam daftar panjang kejahatan perang yang dilakukan di negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com