Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

23 Penumpang Kapal Motor Hilang di Serawak

Kompas.com - 29/05/2013, 10:07 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com  Sebanyak 23 penumpang hilang dan 181 lainnya berhasil diselamatkan setelah sebuah kapal motor tenggelam di Sungai Rajang di Belaga, Sarawak, Malaysia, Selasa (28/5/2013). Kapal Ekspres Bakun Mas yang mengangkut 204 penumpang itu tenggelam sekitar satu jam setelah diberangkatkan dari Dermaga Belaga, Selasa. Demikian laporan berbagai media lokal di Kuala Lumpur, Rabu.

Sebagian besar penumpang merupakan warga Iban dan Orang Ulu yang ingin merayakan Hari Gawai pada Sabtu mendatang. Peristiwa tersebut terjadi akibat juru mudi kapal tidak bisa mengendalikan kapal sehingga menabrak batu sebelum terbalik dan karam.

Kapal motor tersebut dilaporkan tengah menuju Kapit dari Bakun sebelum berangkat ke Sibu yang memerlukan waktu tempuh delapan jam dengan jumlah penumpang melebihi kapasitas dan sebagian besar tidak mengenakan jaket keselamatan. Lembaga Sungai-Sungai Sarawak (LSS) hanya mengizinkan kapal motor untuk membawa penumpang maksimal 74 orang.

Hingga Selasa petang, polisi belum menemukan mayat korban. "Operasi penyelamatan dilakukan Pasukan Gerakan Marin (PGM) dengan bantuan Polisi Gerakan Am serta penduduk setempat. Lima penyelam PGM akan tiba Rabu untuk membantu evakuasi," kata Kepala Polisi Daerah Belaga, Deputi Superintendan Bakar Sebau.

Ia mengatakan, para penumpang umumnya pekerja di sektor penebangan kayu dan ladang kelapa sawit di sekitar Bakun.

Sebelum kejadian, lanjut dia, sejumlah saksi mengatakan, ada penumpang yang duduk di atap kapal motor tersebut karena tempat duduk penumpang dalam kapal sudah penuh sesak. "Boat tersebut berangkat dari Dermaga Bakun pada pukul 07.00 pagi sebelum singgah di Dermaga Belaga. Boat itu karam ketika hendak ke Kapit," katanya seraya menambahkan tujuan akhir kapal itu adalah Terminal Boat Ekspres Sibu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com