Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Bangun Resor Ski "Kelas Dunia"

Kompas.com - 28/05/2013, 12:51 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan memerintahkan militer negerinya untuk memmbangun sebuah resor ski "kelas dunia".

Fasilitas resor ski ini akan menyaingi fasilitas olahraga musim dingin yang dibangun Korea Selatan untuk menggelar Olimpiade Musim Dingin 2018.

Belum lama ini, Kim Jong Un meninjau kawasan wisata ski di Masik Pass untuk memberikan arahan langsung di lapangan terkait pembangunan resor ski kelas dunia itu.

Resor ski impian Kim Jong Un itu nantinya akan memiliki rute ski untuk level pemula, menengah, hingga level mahir dalam jarak lebih dari 68 mil di lereng-lereng gunung itu.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengatakan, nantinya resor itu akan memiliki sebuah hotel, kereta gantung, toko peralatan ski, dan landasan helikopter.

"(Kim) naik ke atas dek observasi untuk mendengarkan laporan rinci tentang pembangunan resor ski itu," demikian KCNA.

"Dia nampak sangat puas ketika mengetahui bahwa tentara mampu membangun sebuah resor di atas sebuah gunung yang mencakup ribuan meter persegi," tambah KCNA.

Kim juga mengatakan resor itu akan semakin indah jika tanahnya diselimuti salju. Dia kemudian memerintahkan tentara bekerja lebih cepat agar resor ini bisa dibuka pada musim dingin mendatang.

"Demam ski akan menjangkiti negeri kita," kata Kim Jong Un.

Lokasi wisata itu, tambah KCNA, terletak di jalan raya penghubung Pyongyang-Wonsan. Sementara, lapangan udara militer yang berlokasi tak jauh dari resor akan diubah menjadi bandara biasa untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan.

Tak hanya itu, Kim Jong Un juga memerintahkan produksi peralatan dan pakaian ski. Apalagi kini Korea Utara terkena sanki ekonomi dunia sehingga tak memungkinkan negeri itu melakukan proses impor.

Rencana pembangunan resor ski ini terpicu pembangunan kota Pyeongchang, Korea Selatan yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2018.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com